Potensi Keuntungan Bisnis dan Investasi Tanah Kavling Produktif

Salah satu yang banyak diminati dan menarik perhatian para pembisnis ataupun masyarakat untuk menghasilkan uang dan meningkatkan penghasilan di masa mendatang adalah dengan berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih untuk menghasilkan return atau keuntungan di masa mendatang. Baik itu, investasi dalam properti ataupun keuangan seperti saham, surat berharga, emas dan sekuritas lainnya.

Investasi yang menjadi favorit pada di tengah masyrakat pada saat ini adalah investasi properti baik itu dalam bentuk tanah ataupun dalam bentuk bangunan. Hal ini karena banyaknya keuntungan dan manfaat yang akan didapatkan karena nilainnya yang menjanjikan dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Keuntungan  Bisnis Tanah Kavling Produktif Masa Kini

Memutuskan untuk melakukan investasi pada saat ini dengan potensi keuntungan yang menjanjikan di masa depan membutuhkan keahlian tersendiri. Keahlian yang dimaksud adalah kemampuan untuk menentukan jenis investasi yang diyakini akan bisa memberikan keuntungan yang besar dan pastinya menjanjikan di masa yang akan datang.

Keuntungan Bisnis Tanah Kavling Produktif Masa Kini

Nah, berbicara mengenai investasi yang tengah trend pada saat ini. salah satu investai yang terbukti menguntungkan dan menjanjikan keuntungan yang besar di masa mendatanga adalah investasi kavling produktif.

Tertarik Memiliki Investasi Properti dalam bentuk Tanah Kavling?

Tips Bisnis Kavling Produktif Masa Kini

Namun, untuk menjalankan atau memulai bisnis investasi kavling produktif akan lebih baik jika anda memperhatikan beberapa hal penting yang benar-benar harus di perhatikan dalam melakukan investasi lahan kavling produktif agar benar-benar bisa memberikan keuntungan di masa depan.

Tips Bisnis Kavling Produktif Masa Kini

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa tips investasi kavling produktif maka kini yang wajib anda ketahui.

  1. Cari Lokasi atau Tempat Strategis

Pada saat akan menjalankan bisnis apa saja termasuk bisnis kavling produktif, hal yang paling penting harus anda perhatikan adalah lokasi. Lokasi merupakan salah satu hal yang paling penting karena akan berpengaruh pada daya atau nilai jual dari tanah kavling yang anda beli untuk berinvestasi.

Lokasi yang paling sering dan banyak dicari oleh para konsumen adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum dan memberikan kemudahan akses dan mudah untuk ditemukan. Dalam memulai bisnis investasi tanah kavling produktif, mencari tempat yang strategis merupakan suatu hal yang sangat penting.

Tempat yang strategis memiliki daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan minat pembeli terhadap tanah kavling yang dimiliki. Selain itu, keuntungan tanah kavling produktif yang memiliki lokasi strategis juga akan memiliki harga jual yang lebih tinggi, mudah untuk terjual dan yang lainnya.

  1. Cek Kelengkapan Surat-surat Tanah

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah tanah kavling produktif, akan sangat penting bagi anda untuk segera memastikan bahwa surat-surat dan masalah kelengkapan dan keabsahan surat-surat tanah dan legalitas lainnya. Sebaiknya anda pastikan juga bahwa tanah tersebut tidak sedang berada dalam sengketa. Hal ini untuk mengantisipasi masalah yang akan timbul di kemudian hari agar tidak merepotkan.

  1. Pertimbangan Penambahan Fasilitas

Nah, setelah anda sudah berhasil dan selesai melakukan transaksi untuk lahan atau tanah kavling. Langkah selanjutnya adalah anda bisa memikirkan mengenai masalah pengembangan kavling agar lebih produktif. Memikirkan masalah penambahan fasilitas yang bisa ditambahkan pada tanah kavling produktif yang anda miliki agar nantinya harga jual lahan tersebut bisa lebih tinggi dan menjadi lebih menarik lagi untuk konsumen.

Awalnya lahan kavling tentu hanya merupakan suatu tanah sepetak yang berukuran luas dan untuk selanjutnya lahan tersebut akan dibagi atau dikavling. Nah, ketika itu anda bisa memikirkan bagaiman cara untuk memperlebar jalan yang akan dibuat di tanah kavling tersebut agar mempermudah konsumen.

Penambahan fasilitas yang berupa jalan pada tanah kavling produktif ini memiliki pengaruh tersendiri terhadap nilai jual dan juga minat dari pembeli. Namun, pastikan anda tidak melakukannya dengan cara yang berlebihan. Maksud dari kata berlebihan disini adalah mengenai luasnya, yang nantinya akan berdampak pada luas tanah yang akan dijual semakin kecil.

Namun, jangan terlalu sempit atau terlalu kecil juga karena hal ini tentunya akan membuat calon pembeli kurang berminat pada tanah kavling produktif yang kita miliki. Untuk lebih terkondisikan dengan baik, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu segmen pasar apa yang akan anda salami. Baru kemudian anda bisa mempertimbangkan akan dijual dalam ukuran berapa dan berapa luas jalan yang dibutuhkan agar lebih terkonsep.

  1. Tentukan Konsep kavling Produktif

Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menentukan konsep apa yang akan anda usung untuk membuat tanah kavling anda menjadi lebih produktif. Investasi tanah kavling produktif yang sedang menjadi trend pada saat ini adalah kavling produktif dengan berbagai macam tanaman yang ditanam dan dibudidayakan misalnya seperti berkebun durian, kavling kurma, buah naga, lengkeng dan lain sebagainya.

 

  1. Menjualnya dengan Bantuan Agen Properti

Nah, cara selanjutnya agar bisnis kavling produktif anda lebih cepat terjual adalah pastikan anda melakukan kerja sama dengan agen properti untuk melakukan promosi yang tepat. Promosi merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah karena untuk meningkatkan promosi membutuhkan waktu dan keseriusan.

 

Jika anda mampu melakukan promosi dengan cara anda sendiri hal ini tentunya akan menjadi keutungan bagi anda. Namun, jika anda memerlukan bantuan untuk melakukan pemasaran ataupun promosi. Anda bisa menggunakan jasa agen pemasaran properti agar leboh cepat terjual sehingga anda juga tidak perlu repot untuk mempromosikannya sendiri. Nilai tambahnya lagi, anda bisa membayar agen pemasaran ketika sudah terjadi penjualan.

Saran dari kami adalah jika anda masih merasa kurang memiliki ilmu di bidang properti, akan lebih abik jika anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis tanah kavling produktif ini.

Dan selain itu, jika nantinya anda sudah benar-benar merasa paham mengenai dasar-dasar ilmu properti dan menurut anda akan menghabiskan waktu jika tidak segera memulainya. Maka akan lebih baik jika anda melakukan kerja sama dengan rekan yang mengerti masalah bisnis investasi properti terutama mengenai tanah kavling produktif yang tengah menjadi trend pada saat ini.

Tertarik Memiliki Investasi Properti dalam bentuk Tanah Kavling?

Jenis Tanah Kavling Produktif yang Menguntungkan

Untuk jenis tanah kavling produktif yang ditawarkan oleh para developer atau pengembang bervariasidari mulai penawaran dengan harga yang rendah hingga harga yang tertinggi berganutng pada jenis tanah kavling produktif yang ingin dimiliki oleh para masyarakat

Jenis Tanah Kavling Produktif yang Menguntungkan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tanah kavling dapat dipilih dan dibedakan berdasarkan pada jenis tanah kavling produktif tersebut. Bagi anda yang masih belum tahu apa saja variasi dari tanah kavling produktif yang ditawarkan oleh para developer atau pengembang. Berikut ini akan kami jelaskan secara lebih rinci.

  1. Cul De Sac Lot

Jenis tanah kavling produktif yang pertama adalah cul de sac lot yang berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah jalan buntu. Jenis tanah kavling produktif ini mengacu pada tanah kavling yang berlokasi pada ujung jalan atau biasa disebut dengan jalan buntu.

Jenis tanah kavling yang satu ini dapat ditemui di tengah-tengah perkotaan dimana lahan yang dijadikan sebagai tanah kavling produktif itu sendiri semakin sempit ketika berada di tengah-tengah perkotaan.

Tanah kavling produktif jenis ini memiliki satu akses saja untuk bisa memasukinya. Sehingga kelebihan pertama yang akan didapatkan oleh para masyarakat adalah tingkat keamanan yang ada di lokasi tersebut.

Selain itu, tanah kavling produktif jenis ini juga memiliki kelebihan lain yakni ruang lebar yang ada pada bagian belakang sehingga dapat memberikan ketenangan pada pemiliknya. Tanah kavling produktif jenis ini merupakan tanah kavling yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat tinggal keluarga atau rumah tinggal seperti kostan atau kontrakkan.

  1. Interior Lot

Tanah kavling produktif yang kedua adalah interior lot. Di Negara kita, tanah kavling produktif jenis interior lot ini lebih dikenal dengan sebutan cluster. Sesuai dengan namanya, kavling produktif jenis ini biasanya berada di dalam sebuah blok atau lokasi yang sudah dikelompokkan atau dipisahkan dengan jalan yang melingkar. Kavling dengan jenis interior lot ini merupakan jenis kavling yang banyak berada di Negara Indonesia.

Kelebihan yang dimiliki oleh tanah kavling produktif jenis interior lot ini atau cluster ini adalah kemudahan dalam akses jalan ke lokasi lain serta memiliki keamanan yang cukup tinggi dan mudah untuk dipantau. Namun, tanah kavling produktif jenis ini juga memiliki kelemahan yakni minimnya sirkulasi udara yang ada dalam satu rumah tinggal. Untuk para pemiliki pun pastinya akan kesulitan untuk melihat pemandangan karena cluster ini hanya memungkinkan pemilik melihat pemandangan dari satu sisi sudut pandang saja.

  1. T- Intersection Lot

Jenis kavling produktif berikutnya adalah T-intersection lot yang sering disebut juga sebagai kavling yang memiliki bentuk tusuk sate. Hal ini berdasarkan jalan yang digunakan pada kavlig yang memiliki bentuk jalan seperti huruf T. Sementara, jika berbicara mengenai kelebihan yang dimiliki oleh jenis kavling produktif yang satu ini adalah kemudahan akses serta kemudahan untuk bisa dilihat dan diamati oleh orang lain.

Kavling produktif dengan jenis leter T ini merupakan sebuah tanah kavling yang sangat cocok untuk seseorang yang ingin menjadikannya sebagai sebuah lahan investasi berupa bangunan komersil. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya adalah adanya kebisingan yang ada di lingkungan yang bisa anda dengar dari segala penjuru jalan yang ada.

  1. Corner Lot

Jenis kavling produktif yang keempat ini memiliki ukuran yang lebih luas jika dibandingkan dengan jenis kavling produktif yang lainnya seperti interior lot. Kelebihan utama yang dimiliki oleh corner lot ini adalah areanya yang relatif lebih luas.

  1. Key Lot

Jenis tanah kavling produktif yang terakhir adalah key lot yang merupakan jenis kavling produktif yang berada di lokasi tengah-tengah kavling yang lainnya. Kelebihan utama yang dimiliki oleh kavling produktif yang satu ini adalah area parki dan tingkat keamanan yang sangat baik.

Sekarang sudah tahu kan jenis-jenis tanah kavling produktif yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai referensi untuk mengambil keputusan pembelian. Nah, untuk masalah selera dan kepuasan dari tanah kavling itu sendiri tergantung pada anda sendiri sebagai pemilik dari tanah kavling tersebut.

Cara Cepat Jual Tanah Kavling Produktif

Salah satu kelemahan yang dimililiki oleh tanah kavling yakni penjualannya yang sulit atau sulit untuk di likuidasi. Walaupun harganya selalu meningkat di setiap tahunnya, namun ternyata untuk menjual properti tidak semudah yang dibayangkan termasuk pada saat ingin menjual tanah kavling produktif sekalipun.

Cara Cepat Jual Tanah Kavling Produktif

Nah, berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa strategi khusus yang dapat dilakukan agar tanah kavling  produktif cepat laku di pasaran.

Strategi Menjual Tanah Kavling Produktif

Berikut beberapa cara dan strategi menjual tanah kavling produktif dengan cepat.

  • Jika anda ingin menjual tanah kavling produktif ataupun tidak agar cepat laku. Maka pastikan legalitas dari surat tanah yang akan anda jual dan pastikan juga bahwa tanah tersebut memiliki sertifikat yang asli.
  • Lihatlah lokasi tanah yang akan anda jual. Akan lebih baik jika anda menyesuaikan harga jual tanah dengan lokasi dari tanah kavling tersebut. Anda bisa mencari keunggulan apa saja yang dimiliki oleh tanah kavling yang anda miliki tersebut. Misalnya saja tanah kavling yang berada di di dekat kota dengan fasilitas transportasi, pusat kota dan daerah strategis lainnya.

Setelah itu tonjolkan keunggulan yang dimiliki oleh tanah kavling produktif yang anda miliki pada saat anda ingin menjualnya. Pastikan bahwa hal itu bisa dijadikan sebagai kekuatan anda untuk berargumen dengan pembeli tanah sehingga memancing rasa ingin memilikinya.

  • Bandingkan dnegna harga tanah kavling yang ada di daerah tersebut. Jika harga tanah kavling produktif yang anda miliki tergolong terlalu mahal maka anda bisa mempertimbangkan hal tersebut.
  • Kemudian, apabila ada seorang broker tanah kavling produktif yang datang, pastikan anda sudah bertemu dan memahami kuasa jualnya untuk memastikan minimal harga dan sebagainya.
  • Kemudian anda bisa memastikan apakah broker lain juga terlibat dalam proses penjualan tanah tersebut. Pastikan perjanjian lain tidak berlaku secara eksklusif.
  • Berikanlah informasi sejelas mungkin. Anda bisa memasang papan nama berupa informasi yang sejelas mungkin. Pastikan anda memasng papan nama yang berisi informasi tanah tersebut di lokasi. Misalnya seperti informasi berupa luas tanah dan tulisan dijual dan juga kontak person yang bisa dihubungi dengan mudah jika ada yang berminat.

Itulah beberapa cara strategis yang bisa anda lakukan agar tanah kavling produktif yang anda miliki cepat laku di pasaran. Hal yang paling penting pada saat anda berniat untuk memulai bisnis investasi tanah kavling produktif adalah memilih lahan yang siap untuk dijual kembali.

Hal ini biasanya akan berhubungan dengan lokasi strategis yang dimiliki oleh tanah kavling produktif. Pastikan anda membelinya dari developer terbaik dan perhatikan perkembangan lingkungan yang berada di sekitar tanah kavling produktif yang akan anda beli. Tidak hanya itu, adanya fasilitas penunjuang juga merupakan faktor penting yang haru anda perhatikan untuk meningkatkan keuntungan yang akan anda dapatkan dari tanah kavling yang anda miliki.

Kelengkapan surat dan legalitas yang lainnya juga merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan pada saat anda ingin membeli tanah kavling produktif. Pastikan anda memeriksa kelengkapan surat akta dan sertifikat lahan. Untuk lebih amannya anda bisa mengeceknya di RT, RW, kelurahan dan kecamatan karena tanah akan dicatat secara lengkap disana terkait dengan legalitasnya.

Itulah informasi mengenai potensi keuntungan bisnis dan investasi tanah kavling produktif yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Tertarik Memiliki Investasi Properti dalam bentuk Tanah Kavling?