Tanah Kavling Produktif sebagai Investasi Menguntungkan Masa Kini

Kavling Produktif – Investasi merupakan salah satu cara yang banyak diminati oleh para masyarakat pada saat ini terutama investasi dalam bentuk properti. Nah, investasi dalam bentuk properti ini juga terdiri dari beberapa jenis yakni properti dalam bentuk bangunan perumahan, apartemen ataupun hanya dalam bentuk tanah kavling namun yang memiliki potensi menghasilkan atau lebih dikenal dengan sebutan tanah kavling produktif.

Pada saat ini mungkin beberapa dari anda sering mendapatkan penawaran investasi berupa tanah kavling produktif ataupun apertemen atau kos. Nah, pertanyaan yang mungkin ada dibenak anda adalah investasi apakah yang lebih menjanjikan dan lebih menguntungkan antara keduanya. Apakah tanah kavling atau apartemen atau kost. Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Tanah Kavling Produktif dan Kegunaannya?

Sebelum membahas secara lebih mendalam mengenai tanah kavling produktif. Mungkin bagi anda yang masih awam, masih belum mengerti secara jelas apa yang dimaksud dengan tanah kavling produktif dan apa kegunaanya.

Jadi, tanah kavling produktif merupakan sebuah lokasi tanah yang memiliki ukuran dan mampu untuk di petak-petak atau di bagi-bagi secara rapi sesuai dengan ukuran dan standar tertentu yang memang sudah diproduktifkan atau mampu menghasilkan.

Nah, kegunaan dari tanah kavling produktif ini adalah dengan adanya pemetaan dan penataan tanah kavling. Maka hal tersebut pada akhirnya menjadikan setiap lahan yang sudah ditanami atau dibangun rumah bisa tertata rapi sesuai dengan kavling yang dimilikinya.

Hal inilah yang menjadi tujuan para developer dalam melakukan penataan dan pembagian lokasi tanah kavling yang akan menjual tanah kavling yang dimilikinya kepada masyarakat atau kepada investor. Selain itu, tujuan dari developer yang lainnya membuat tanah kavling menjadi terbagi-bagi adalah untuk bisa mendirikan perumahan atau perkebunna dengan berbagai macam fasilitas yang akan tersedia didalamnya.

Perbandingan Investasi Tanah Kavling Produktif dan Apartemen Kost

Perbandingan Investasi Tanah Kavling Produktif dan Apartemen Kost

Tanah Kavling Produktif

Investasi yang sedang trend belakangan ini adalah tanah kavling produktif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya developer yang menawarkan tanah kavling produktif dengan berbagai macam konsep yang berbeda-beda.

Adanya trend mengenai investasi tanah kavling produktif ini berawal dengan adanya kampung kurma yang menawarkan konsep tanah kavling produktif secara islami atau sesuai dengan syariah islam. Di tanah kavling tersebut banyak ditanami pohon kurma dan berbagai macam fasilitas islami yang lainnya.

Nah, setelah adanya kavling produktif yang dengan konsep yang demikian, kemudian barulah muncul developer-developer lain yang juga menawarkan konsep yang serupa dan hampir sama. Hanya saja berbeda dalam hal pengelolaannya.

Jadi pada saat ini banyak developer yang menawarkan konsep tanah kavling produktif yang sama, hanya saja menggunakan komoditi yang berbeda misalnya seperti penanaman pohon lengkeng, pohon durian, sayuran, buah naga dan komiditas menguntungkan lainnya yang bisa dibudidayakan dalam tanah kavling produktif.

Keunggulan Tanah Kavling Produktif

Keunggulan Investasi Tanah Kavling Produktif

Jika dibandingkan dengan investasi seperti apartemen kost, tanah kavling produktif memiliki keunggulan sebagai berikut ini.

  1. Keuntungan Double

Pada saat anda memutuskan untuk berinvestasi pada tanah kavling produktif. Keuntungan yang akan anda dapatkan dari investasi tanah kavling produktif tersebut adalah anda akan mendapatkan keuntungan dari pohon yang bisa berbuah dan pastinya akan menghasilkan. Jadi anda tidak hanya memiliki aset berupa tanah saja. Namun anda juga akan mendapatkan penghasilan dari pohon yang ditanam dan dibudidayakan.

  1. Passive Income dari Hasil Panen

Sama halnya seperti properti produktif dalam hal bangunan, tanah kavling produktif juga akan menghasilkan passive income. Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil panen dari pohon yang anda tanam.

Masa panen dari beberapa tanah kavling produktif berbeda-beda. Hal ini terganutng pada jenis pohon yang ditanam. Misalnnya anda memilih tanah kavling produktif yang ditanami pohon kuram atau pohon tin. Maka anda akan bisa merasakan hasil panennya kira-kira sekitar pada usia ke 3-7 tahun dan anda bisa memanennya 1 tahun sekali. Hal ini akan berbeda jika anda menanam pohon durian, anda baru bisa memanennya pada usia 3-6 tahun sejak pohon ditanam dan akan berbuah selama 1 tahun sekali.

  1. Passive Income dari Pohon

Selain akan mendapatkan passive income dari buah yang bisa dipanen, anda juga bisa mendapatkan passive income dariĀ  pohon yang ditanam. Namun, untuk bisa merasakan passive income dari pohon yang ditanam di tanah kavling produktif relatif cukup lama. Hal ini juga tergantung pada jenis pohon yang ditanam.

Misalnya saja pohon kurma, anda baru bisa menikmati passive income dari pohon saat berusia 80 hingga 90 tahun, pohon tin sekitar 30-35 tahun, sedangkan pohon buah naga sekitar 15-20 tahun.

  1. Tidak Perlu Repot Bercocok Tanam

Walaupun konsep yang diusung oleh tanah kavling produktif ini berhubungan dengan budidaya tanaman, namun jangan khawatir karena anda tidak perlu repot-repot untuk bercocok tanam. Hal ini karena developer tanah kavling produktif sudah memiliki tenaga kerja ahli tersendiri yang bertugas untuk memberikan perawatan. Jadi, anda sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan perawatan dan lain sebagainya untuk mendapatkan passive income dari hasil panen setiap tahunnya.

  1. Fasilitas Umum Kawasan Kavling Produktif

Developer kavling produktif pada umumnya akan memberikan fasilitas umum yang bertujuan untuk memudahkan dan memanjakan para investor. Fasilitas umum yang diberikan misalnya jalan yang lebar antar masing-masing kavling dan fasilitas seperti masjid Islamic center dan juga sarana olahraga. Sehingga dengan adanya fasilitas seperti demikian, tanah kavling produktig tidak hanya dapat digunakan untuk investasi namun juga dapat dijadikan sebagai tempat berlibur keluarga.

Nah sekarang kita bandingkan dengan investasi apartemen kost yang belakangan ini juga sedang trend di kalangan para investor properti. Ada banyak developer yang menawarkan apartemen kost tertentu dnegna konsep dan keunikan yang berbeda-beda. Misalnya saja properti syariah dalam bentuk apartemen kost yang tengah booming akhir-akhir ini.

Keunggulan Apartemen Kost

Lalu pertanyaannya lebih baik mana investasi apartemen kost ataukah tanah kavling produktif. Untuk menjawab pertanyaan tersebut terlebih dahulu kita harus mengetahui keunggulan apa saja yang dimiliki oleh investasi apartemen kost. Yuk simak keunggulan dari apartemen kost dibandingkan dengan tanah kavling produktif.

  1. Aset Kamar Kost

Memiliki unit kamar kost sendiri di apartemen kost tentunya akan lebih menguntungkan daripada anda membangun rumah kostan. Hal ini karena dengan memiliki aset berupa kamar kost yang memiliki lokasi yang strategis maka sudah dapat dipastikan apartemen anda akan terisi dengan mudahnya.

Jadi sebelum membeli apartemen pastikan apartemen anda berada di lokasi yang strategsi misalnya dekat dengan pusat kota, instansi pendidikan, perkantoran dan lain sebagainya.

  1. Permintaan Tergolong Tinggi

Dibandingkan dengan tanah kavling produkti, permintaan dari apartemen kost lebih tinggi. apalagi jika apartemen kost anda berada di kawasan yang strategis dan dekat dengan kampus.

  1. Capital Gain Jangka Panjang

Sama halnya seperti tanah kavling produktif, investasi apartemen kos memiliki capital gain yang dapat anda peroleh dalam jangka panjang. Namun, jika dibandingkan dengan tanah kosong da rumah sewa atau kontrakkan, capital gain dari apartemen kos tergolong lebih tinggi.

  1. Memiliki Capital Rate 5 hingga 7 persen

Apartemen kost memiliki capital rate sekitar 5% hingga 7%. Jumlah ini sangat jauh jika dibandingkan dengn rumah kos biasa.

  1. Fasilitas Cukup Lengkap

Dalam hal fasilitas, apartemen kost juga hampir sama dengan fasilitas umum tanah kavling produktif. Misalnya seperti sarana olahraga, sistem keamanan dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon investor.

  1. Tersedia Jasa Rental Management atau Building Management

Dengan adanya jasa rental management atau building management maka dalam hal ini investor akan terbantu dalam menemukan penyewa yang potensial. Dan yang lebih enaknya lagi adalah ada tidak harus lagi menyewa karyawan untuk menjaga keamanan dan kebersihan apartemen karena developer sudah menyediakannya. Jadi biasanya pihak apartemen kost sudah memiliki karyawan yang menghandle biaya opersional seperti maintenance, keamanan dan kebersihan. Anda hanya cukup membayar biaya bulanan saja.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan apa keunggulan dari masing-masing investasi yang sama-sama sedang nge-trend pada saat ini? setelah membaca mengenai keunggulan dari tanah kavling produktif dan apartemen kost, sekarang tentunya anda bisa menyimpulkan mana yang lebih baik dijadikan pilihan investasi.

Namun, sebenarnya ha tersebut kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Antara investasi tanah kavling produktif dan apartemen kos sama-sama bagus. Hanya saja keduanya memiliki ciri yang berbeda dalam hal passive income yang akan didapatkan oleh para investor.

Jika tanah kavling produkti dapat memberikan income kepada investor setiap tahunnya atau tergntung pada masa panen dari pohon yang ditanam. Maka, untuk apartemen kost dapat memberikan income setiap bulannya dari setiap unit kamar kost yang disewakan.

Jika anda masih bingung dalam menentukan mana investasi yang lebih baik untuk dipilih, saran kami adalah sebaiknya anda memiliki kedua jenis investasi ini baik tanah kavling produktif ataupun apartemen kost agar memiliki income tambahan di setiap bulan dan di setiap tahunnya.

Berminat memilik unit apartemen kos? Dekost Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Produktif

Setelah mengetahui mengenai perbandingan dan kelebihan dari investasi tanah kavling produktif dibandingkan dengan investasi apartemen kost. Berikut ini akan kami jelaskan secara lebih spesifik mengenai keuntungan yang akan anda dapatkan apabila melakukan investasi tanah kavling produktif.

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Produktif

  1. Capital Gain

Siapapun pasti tahu bahwa harga tanah terus menerus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Kenaikan dari harga tanah memiliki persentase sekitar 20 hingga 25 persen tiap tahunnya dan akan terus meningkat dua kali lipat setelah 5 tahun ke depan. Investasi tanah kavling produktif ini memiliki nilai tambah dan cocok sekali bagi pemula.

  1. Return yang Tinggi

Selain memiliki capital gain yang tinggi, return yang akan anda dapatkan juga lebih tinggi.

  1. Biaya Perawatan Kecil

Selain memiliki capital gain dan return yang tinggi. Jika dilihat dari sisi biaya, perawatan tanah kosong tidak memerlukan biaya yang besar dan tidak menyulitkan. Hal ini akan berbeda dengan investasi dalam bentuk properti seperti rumah, apartemen, ruko, kios, atau kantor yang harus terus menerus perlu dipelihara agar tetap terawat dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak di setiap tahunnya.

Anda hanya tinggal menikmati hasil panen dari tanah kavling produktif. Karena tugas memelihara dan merawat tanamana yang tumbuh di tanah kavling produktif merupakan tugas dari developer.

  1. Memiliki Nilai Tambah atau Added Value

Keuntungan dari tanah kavling produktif akan anda rasakan ketika lahan yang anda miliki tersebut dikembangkan. Belakangan ini banyak sekali ditemukan pengembangan perumahan dalam skal ecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Namun, jika lahan tersebut tergolong strategis, bisa juga tanah kavling yang anda miliki dijadikan sebagai ruko.

Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika tanah kavling produktif dijadikan sebagai apartemen, ruko atau cluster perumahan. Hal ini akan membuat anda harus mengeluarkan biaya perawatan properti setiap tahunnya. Karena tidak mungkin properti dalam bentuk bangunan yang dimiliki tidak dirawat karena hal ini akan menurunkan nilai jualnya di masa depan.

Untuk mengurangi biaya perawatan, tanah kavling produktif yang tengah menjadi trend pada saat ini seperti kavling produktif durian, kavling produktif buah naga, kavling produktif kurma dan kavling produktif yang tengah menjadi trend pada saat ini.

Kavling produktif yang sudah kamiĀ  jelaskan tersebut tidak memerlukan biaya perawatan dan pemeliharaan karena semua itu tanggung jawab dari developer.

  1. Permintaan dan Persediaan

Seperti yang kita tahu bersama bahwa penduduk atau masyarakat akan terus mengalami pertumbuhan disetiap tahunnya. Sedangkan persediaan tanah tidak akan bertumbuh dan bertambah. Banyaknya penduduk yang bertambah dan membutuhkan lahan tinggal membuat harga tanah terus meningkat disetiap tahunnya.

Sama halnya seperti prinsip ekonomi yakni semakin banyak permintaan maka akan semakin tinggi pula penawaran yang terjadi. Setiap tahun permintaan akan lahan kosong atau tanah akan terus meningkat sedangkan persediaan yang dimiliki semakin berkurang. Jadi hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa lahan tanah semakin hari semakin meningkat harganya.

  1. Dapat Dialokasikan ke Bisnis Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanah kavling produktif yang awalnya merupakan lahan atau tanah kosong dapat dialokasikan menjadi suatu bisnis yang lain. Jadi sembari menunggu waktu selama lima tahun hingga harga tanah naik dua kali lipat. Anda bisa memanfaatkan lahan atau tanah tersebut sebagai ruang bisnis tambahan. Mislanya saja digunakan sebagai lahan untuk berkebun sayur, lahan parkir atau taman yang bisa disewakan untuk menggelar acara pesta pernikahan dan sebagainya.

Sangat luar biasa sekali bukan nilai keuntungan yang akan anda dapatkan saat berinvestasi di tanah kavling produktif? Namun, walaupun demikian bukan berarti investasi tanah kavling produktif ini tidak memiliki nilai minus. Beberapa nilai minus ketika anda menginvestasikan uang anda ke tanah kavling produktif ini diantaranya adalah lukuiditas yang kecil, modal kecil dan minimnya income yang akan didapatkan dalam jangka pendek. Namun, hal tersebut tidak sebanding dnegan keuntungan yang akan anda peroleh di masa yang akan datang.

Kekurangan bisnis investasi tanah kavling ini akan teratasi jika anda bisa menanganinya dengan bijak. Dengan keuntungan yang cukup menjanjikan dan menggiurkan maka sangatlah wajar jika banyak orang yang lebih tertarik memilih investasi tanah kavling produktif dibandingkan yang lainnya.

Itulah informasi mengenai keuntungan investasi tanah kavling produktif. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Berminat memiliki investasi properti produktif?